-->

MENGENAL FUNGSI EKOR BURUNG

ekor burung terkadang orang awam tidak mengerti apa sih kegunaannya, pada hal secara ilmu biologi ekor pada burung mempunyai manfaat dan fungsi. Selama ini banayak yang mengatakan bahwa fungsi pada burung untuk terbang hanya sayap, padahal peran ekor di sini juga penting untuk burung.

MENGENAL FUNGSI EKOR BURUNG

ekor burung
ekor burung
Karena sebagian waktunya dihabiskan diudara, maka sudah tentu bagian-bagian tubuh burung dimanfaatkan untuk aktivitas ini. Misalnya saja sayap yang digunakan untuk memelihara ketinggian terbang dan juga ekor.

Ekor memiliki fungsi penting bagi burung ketika sedang terbang. Jika tidak ada ekor, mungkin burung akan kesulitan ketika terbang.

Fungsi ekor burung untuk aerodinamis


Pada burung ekor dapat bekerja seperti ekor di bagian belakang pesawat, yaitu memberikan keseimbangan dan aerodinamis saat mereka terbang. Pembuatan Pesawat termotivasi oleh bentuk burung sehingga muncul istilah aerodinamis.

Pernahkan anda bermain kano di pantai yang landai dan ombaknya sangat tenang?? Jika pernah mungkin pergerakan kano ini sangat mirip dengan burung.

Jika kita ingin berbelok ke kiri, maka kano kita kayuh disebelah kanan dan kano pun akan bergerak ke arah kiri.

Sedangkan jika ingin berbelok ke kanan, maka kano kita kayuh disebelah kiri, sehingga kano pun akan begerak ke arah kanan.

Kano akan  bergerak ke arah berlawanan dengan arah mana ia dikayuh. Bisa digambarkan seperti itulah pergerakan burung ketika terbang diudara.

Fungsi Ekor Burung untuk tujuan identifikasi


Bentuk dan siluet ekor ekor burung juga dapat digunakan untuk tujuan identifikasi, beberapa jenis burung seperti merak memanfaatkan keindahan ekornya untuk menarik pasangan dan memenangkan persaingan pada musim kawin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGENAL FUNGSI EKOR BURUNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel